MEMBACA PNPM DARI MASA KE MASA
*Marjono
Program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri
pedesaan (PNPM-MP) merupakan salah satu wujud implementasi dari penyelenggaraan
pembangunan yang berbasis masyarakat, memberikan otoritas penuh kepada
masyarakat untuk mengelola kegiatan secara swakelola (mulai dari tahapan
perencanaan sampai pada pertanggungjawaban), sesuai dengan skala prioritas
kebutuhan, dengan prinsip-prinsip dasar, seperti bertumpu pada pembangunan
manusia, berorientasi pada masyarakat miskin, partisipatif, transparan,
akuntabel dan berkelanjutan.
Hasil pelaksanaan PNPM-MP sejak 2008 s/d 2012,
terlihat seperti pada matrik berikut :
Sedangkan realisasi kegiatan PNPM-MP terangkum
pada tabel di bawah :
Tahun
|
Kab
|
Kec
|
Desa
|
Alokasi
| ||
APBD
|
APBN
|
Total
| ||||
2008
|
29
|
224
|
3.530
|
92.250.000
|
369.000.000
|
461.250.000
|
2009
|
29
|
403
|
6.154
|
174.160.000
|
705.640.000
|
879.800.000
|
2010
|
29
|
425
|
6.469
|
188.550.000
|
754.200.000
|
942.750.000
|
2011
|
29
|
425
|
5.574
|
148.700.000
|
594.800.000
|
743.500.000
|
2012
|
29
|
425
|
6.574
|
33.280.000
|
632.320.000
|
665.600.000
|
2013
|
29
|
425
|
6.574
|
37.600.000
|
720.162.500
|
757.762.500
|
Menyangkut penyerapan tenaga kerja, sangat
membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, karena membuka peluang
usaha dan tenaga kerja lokal khususnya. Kondisi penyerapan tanaga kerja nampak,
sebagai berikut :
Tahun
|
Fasilitas
umum (Fasum)
|
Fasilitas
pendidikan (Fasdik)
|
Fasilitas
kesehatan (Faskes)
|
Usaha
ekonomi produktif (UEP)
|
2008
|
70
|
11
|
2
|
17
|
2009
|
63
|
13
|
4
|
20
|
2010
|
65
|
12
|
5
|
18
|
2011
|
65
|
14
|
5
|
16
|
2012
|
69
|
13
|
5
|
13
|
Keberhasilan pelaksanaan PNPM-MP tidak terlepas
dari peran pendamping/fasilitator. Di Jawa Tengah, jumlah konsultan,
fasilitator dan tenaga administrasi sebanyak 1.073 orang, tergambar dari matrik
berikut :
Tahun
|
HOK
|
2008
|
1.891.000
|
2009
|
2.996.000
|
2010
|
3.885.450
|
2011
|
3.041.809
|
2012
|
4.263.304
|
Dari aspek kelembagaan, melalui PNPM-MP di Jawa
Tengah telah dibentuk kelembagaan masyarakat sebagai pendukung/pelaku program,
baik di level kecamatan maupun desa. Keberadaan kelembagaan tersebut sangat
strategis dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan program.
1.
Kelembagaan masyarakat tingkat
kecamatan
Pelaku
PNPM-MP
|
Jumlah
| |
I
|
Tingkat
Provinsi
|
21
|
1.
Konsultan manajemen provinsi
|
13
| |
2.
Supporting staf
|
8
| |
II
|
Tingkat
Kabupaten
|
163
|
1.
Fasilitator Kabupaten
|
21
| |
2.
Asisten Fasilitator Kabupaten
|
12
| |
3.
Fasilitator teknik Kabupaten
|
29
| |
4.
Asisten Fasilitator Teknik
Kabupaten
|
12
| |
5.
Fasilitator Keuangan
|
29
| |
6.
Fasilitator Integral
|
7
| |
7.
Operator Komputer Kabupaten
|
53
| |
III
|
Tingkat Kecamatan
|
889
|
1.
Fasilitator Kecamatan
|
425
| |
2.
Fasilitator teknik Kecamatan
|
425
| |
3.
Asisten Fasilitator teknik
|
18
| |
4.
Asisten Fasilitator Kecamatan
|
21
|
2.
Kelembagaan masyarakat tingkat
desa
No
|
Kelembagaan
|
Jumlah (unit)
|
Jumlah (orang)
|
1
|
UPK
|
461
|
1.844
|
2
|
BP-UPK
|
461
|
1.383
|
3
|
Tim Verifikasi Pinjaman
|
461
|
1.383
|
4
|
BKAD
|
461
|
1.383
|
5
|
Pendamping lokal
|
425
|
425
|
6
|
Tim verifikasi usulan kegiatan
|
425
|
2.225
|
Salah satu kemenarikan kegiatan PNPM-MP adalah
pengembangan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan dana bergulir yang dikelola
oleh unit pengelola kegiatan (UPK). Di Jawa Tengah telah terbentuk 461 UPK
dengan total aset s/d Desember 2012 sebesar Rp. 1.423.017.700.000.
Dari perkembangan UPK dapat diklasifikasikan aset
dan jenis usaha, sebagai berikut :
1. Jenis Usaha
No
|
Kelembagaan
|
Jumlah (orang)
| |
1
|
Tim pelaksana desa (TPK)
|
19.710
| |
2
|
Simpanan Pinjam Perempuan (SPP)
|
32.751
| |
3
|
Usaha Ekonomi Produktif (UEP)
|
11.310
| |
4
|
Kader Pemberdayaan Masyarakat
|
13.146
| |
5
|
Tim Pemelihara Desa
|
6.573
| |
6
|
Tim Monitoring Evaluasi
|
6.573
|
2.
Klasifikasi Aset
No
|
Jenis Usaha
|
Kelompok
|
1
|
SPP
|
60.194
|
2
|
Aneka
Jasa
|
1.849
|
3
|
Dagang
|
11.051
|
4
|
Industri
|
974
|
5
|
Pertanian
|
2.104
|
6
|
Peternakan
& Perikanan
|
624
|
UPK di atas telah memberikan pelayanan permodalan
kepada kelompok pemanfaat, yang sebagian besar adalah kelompok SPP sebanyak
66.068 (67,23%), sedangkan kepada kelompok UEP sebanyak 32.207 (32,77%).
Selanjutnya perkembangan rugi laba pengelolaan
dana bergulir UPK s/d 31 Desember 2012, sebagai berikut :
a.
Tahun 2008 : Laba Rp. 44.530.638.504
b.
Tahun 2009 : Laba Rp. 68.907.395.721
c.
Tahun 2010 : Laba Rp. 128.238.756.000
d.
Tahun 2011 : Laba Rp. 171.073.499.000
e.
Tahun 2012 : Laba Rp. 196.619.826.000
Dalam pengelolaan dana bergulir melalui SPP dan
UEP terdapat surplus/laba sebagian (minimal 15%) dialokasikan untuk dana
sosial, yakni:
a.
Tahun 2008 : Rp.
883.442.200
b.
Tahun 2009 : Rp.
7.057.933.250
c.
Tahun 2010 : Rp. 10.706.634.000
d.
Tahun 2011 : Rp. 16.331.800.000
e.
Tahun 2012 : Rp. 33.017.898.000
Dari dana sosial tersebut diberikan kepada rumah
tangga miskin (RTM) absolut dalam bentuk kegiatan usaha berupa ternak kambing
dan untuk membantu biaya pendidikan bagi anak sekolah dari keluarga RTM yang
bersangkutan. *Marjono, Staf Bapermades Prov. Jateng
No
|
Nilai Aset
|
Jumlah UPK
|
1
|
500
juta s/d 1 M
|
24
|
2
|
1
M s/d 2 M
|
127
|
3
|
2
M s/d 3 M
|
144
|
4
|
3
M s/d 4 M
|
88
|
5
|
Lebih
dari 4 M
|
78
|
No.
|
Subject
|
Author
|
---|
kenapa tidak menampilkan contoh proposal dan syarat2 nya.
BalasHapus